Cara Mengatasi Tidak Bisa Klik Kanan Pada Artikel Blog

Mengatasi tidak bisa klik kanan
Cara Mengatasi Tidak Bisa Klik Kanan Pada Artikel Blog - Bagi pelajar ataupun mahasiswa yang sering mencari referensi di internet untuk menyelesaikan tugas sekolah/kampus, pasti pernah menemukan blog/website yang tidak memperbolehkan klik kanan mouse dengan tujuan agar isi posting atau konten yang mereka sediakan tidak dapat di copas. Tentu saja hal ini sangatlah menjengkelkan, karena akan memperlambat dalam menyelesaikan tugas.

Beberapa blog/website memasang java script untuk men-disable klik kanan (disable right click) pada blog/websitenya, agar artikel atau konten blog mereka tidak di curi. Namun itu bukanlah cara ampuh untuk menghindari pencurian konten. Karena meskipun tidak bisa klik kanan konten mereka dapat di copy dan disimpan dengan cara berikut ini:

Cara mengcopy atau menyimpan artikel yang tidak bisa klik kanan:


  • Dengan Menekan Tombol Ctrl+C
    Sorot atau blok artikel yang ingin Anda copy, kemudian tekan tombol Ctrl+C dan pastekan di MS. Word atau Notepad. Tapi, jika website/blog tersebut menggunakan script sehingga tidak bisa melakukan sorot/blok pada artikel, maka coba cara dibawah ini.

  • Dengan Menekan Tombol Ctrl+P
    Cara yang cukup mudah untuk meng-copas blog yang di-disable/menon-aktifkan klik kanan adalah dengan menekan CTRL+P (Print), kemudian "Select All" artikel yang muncul dan pastekan di MS. Word atau Notepad.

  • Menggunakan tombol Print Screen
    Silahkan tekan tombol Print Screen pada keyboard Anda, lalu pastekan dengan menggunakan program Pain brush atau yang populer menggunakan adobe Photoshop dan simpan file dalam berbentuk ".tif". Dengan memanfaatkan fasiltas menu Recognize text using OCR, kemudian setelah menjadi teks Anda bisa gunakan menu Send text to word.

  • Menyimpan Artikel Dalam Bentuk File HTML
    Caranya pada browser, Anda klik menu file, Save Page As. Setelah tersimpan di file komputer, Anda dapat membukannya secara off line dan mengcopynya seperti biasa

  • Disable/Non-aktifkan JavaScript
    Semua browser mempunyai fungsi ini. Silakan Anda bisa lakukan eksperimen untuk mencari dimana letak menu untuk Disable JavaScript, karena setiap browser berbeda letaknya. Simak sedikit ulasan dibawah ini:

→ Tidak Bisa Klik Kanan di Mozilla FireFox
  1. Di menu Anda Klik Tools-> Options
  2. Anda Pilih Content Tab
  3. Lalu hilangkan tanda centang pada "Enable Java Script"
  4. Klik OK

→ Tidak Bisa Klik Kanan di Google Chrome
  1. Di menu Anda Klik Tools > Options
  2. Anda Pilih Tab Under The Hood > Klik Content Setting
  3. Lihat pada bagian Java Script, disana ada 2 pilihan. Anda Pilih pada "Do not allow any site to run JavaScript"

→ Tidak Bisa Klik Kanan di Internet Exploler
  1. Klik Tools pada menu navigasi –> Internet Options.
  2. Pilih pada Security Tab –> Custom Level
  3. Scroll kebawah sampai Anda menemukan “Active Scripting” dan Klik “Disable
  4. OK

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk Mengatasi Tidak Bisa Klik Kanan Pada Artikel Website/Blog. Jika postingan ini bermanfaat, jangan lupa Like dan Bagikan ke teman Anda. Terimakasih.

0 comments

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *