Cara Menguji Kecepatan Loading Blog

Menguji Kecepatan Loading Blog
Kecepatan Loading sebuah blog merupakan salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan oleh pemilik blog, karena loading blog yang sangat lambat akan mengecewakan para pengunjung dan bukan hal yang tidak mungkin mereka langsung meninggalkan blog Anda sebelum terbuka sepenuhnya. Tentu saja hal ini sangat disayangkan bukan.

Selain itu, kecepatan loading suatu blog juga termasuk salah satu faktor yang cukup diperhitungkan di mesin pencari (search engine) Google. Jadi ini juga termasuk bagian dari tips SEO (Search Engine Optimization) dan dapat mempengaruhi posisi serp di mesin pencari.

Blog yang terbuka dengan cepat dan ringan tentunya akan lebih disukai para pengunjung, termasuk mesin pencari seperti Google. Oleh karena itu, Anda pasti ingin tahu secepat apakah loading blog Anda, atau mungkin menguji website atau blog lain untuk dijadikan refrensi template yang akan digunakan.

Disini saya akan berikan 2 cara yang sering digunakan oleh para blogger untuk menguji kecepatan loading suatu blog, yaitu dengan menggunakan situs "GTmetrix" dan "Google PageSpeed Insights". Keduanya merupakan situs yang sangat populer untuk menguji kecepatan suatu blog/website. saya pun sering menggunakan kedua situs tersebut untuk mengecek kecepatan loading blog saya.

1. Cara Menguji Kecepatan Loading Blog di Google PageSpeed Insights


Dengan menggunakan Google PageSpeed Insights milik google ini, Anda akan mendapatkan 2 hasil pengujian, yaitu:

  1. Kecepatan situs versi mobile / seluler
  2. Kecepatan situs versi dekstop

CARA Menggunakan Google PageSpeed Insights

1. Buka situs "Google PageSpeed Insights"
2. Masukkan "URL Blog/Website" dan klik "Analisis"
3. Tunggu beberapa saat hingga hasilnya muncul seperti gambar dibawah ini:

Hasil Test Google PageSpeed Insights

Penilaian yang diberikan antara 1 sampai dengan 100. Semakin tinggi nilai yang diperoleh maka akan semakin bagus di mata google. Ukuran untuk kecepatan loading yang baik setidaknya mendapatkan warna hijau atau mendapatkan nilai antara 85 sampai 100. Beberapa informasi yang dapat menghambat / memperlambat loading blog ditampilkan dalam tabel. Khususnya untuk versi seluler / mobile juga terdapat beberapa pemeriksaan pengalaman penggun, seperti: penggunaan ukuran font yang mudah dibaca, pengaturan ukuran konten terhadap area pandang, dan lain-lain.

Tool gratis milik google ini sangat berguna karena hasil pengujian akan memberikan informasi penting untuk meningkatkan kecepatan loading blog dan tentu saja sangat baik untuk index dan serp sebuah website di mesin pencari.

2. Cara Menguji Kecepatan Loading Blog di GTMetrix


GTMetrix memberikan informasi yang cukup detail seperti: waktu yang dibutuhkan untuk membuka halaman website/blog secara penuh (Page Load Time), ukuran total data dari suatu halaman website/blog (Total Page Size), detail mengenai requests / permintaan yang terdapat pada website/blog, dan masih banyak detail lainnya yang bisa anda dapatkan di GTMetrix. Anda pun bisa menggunakan fitur compare yang berfungsi untuk membandingkan antara website satu dengan yang lainnya. Dan masih banyak lagi fitur-fitur lainnya dari GTMetrix.

CARA menggunakan GTmetrix

1. Buka situs "GTMetrix"
2. Masukkan "URL Blog/Website" dan klik "Analize"
3. Tunggu hingga hasilnya muncul seperti gambar dibawah ini:

Hasil cek GTMetrix

Itulah 2 cara yang populer digunakan untuk Menguji Kecepatan Loading Blog. Kecepatan loading blog dipengaruhi oleh server dan template yang digunakan. Jadi, disarankan untuk menggunakan template yang fast loading, ringan, jangan pakai domain gratisan, dan gunakanlah widget seperlunya. Jika masih ada yang belum jelas, mari kita diskusikan di kolom komentar dibawah ini. Good Luck!

0 comments

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *